Membersihkan Noda Penutup (Body Cover) Mobil

Juni 13, 2016, by iBeth




Akhirnya Honda Mobilio Taffeta White yang ditunggu-tunggu datang juga. Yang pada awalnya serah terima dijadwalkan sebelum keberangkatan kami ke Singapura, karena satu dan lain hal ditunda hingga kami pulang liburan.

Siang itu, aku keluar kantor untuk proses serah terima mobil dan tanda-tangan kontrak, yang dilakukan dirumah (padahal tadinya mau dikantor). Mobil dibawa oleh driver dari Honda Cibubur, jadi saat kami terima KM mobil tidak 0 tapi 40 KM (sesuai lah, Perjalanan dari Honda Cibubur ke Tanjung Priok, plus nyasar)

Sorenya langsung kami beli Penutup Mobil aka Body Cover, ada yang 100rb-an, 200rb-an, 400rb-an sampe 1jt-an. Entah karena irit atau pelit kami ambil yang 200rb-an. Kami tutup lah malam itu dengan body cover (penutup mobil) yang baru. Dan ternyata, malamnya Tanjung Priok diguyur hujan. Keesokan paginya aku berangkat kantor seperti biasa menggunakan motor, tanpa mengecek/membuka penutup mobil (body cover).


Mobil baru kena Noda akibat Penutup (Body Cover) Mobil 

Bayangin noda begini diseluruh body mobil

Saat makan siang aku ditelpon oleh orang rumah bahwa mobil penuh dengan bercak hitam/abu2 yang berasal dari penutup mobil. Aku search di google, gimana caranya membersihkan noda penutup (body cover) mobil. Ada yang bilang pake compound, pake bensin, pake pasta gigi, pake lotion anti nyamuk, Omg... aku ga berani, takut ngerusak cat.

Akhirnya dapet disalah satu blog (lupa ga dicatet alamatnya) menyarankan pake minyak kayu putih. Sempet ga percaya, tapi teman pun menyarankan hal yang sama, jadi aku minta orang rumah untuk praktekin. Dapat laporan ga bisa ilang nodanya. Omg.... Masa harus ke salon ( ini solusi terakhir)

Keesokan paginya bertepatan dengan weekend,  jadi aku bisa kerjain sendiri, untuk buktiin bener ga sih pake minyak kayu putih bisa menghilangkan nodanya.

Eng ing eeng.... ternyata bisa saudara-saudara. Minyak kayu putih bisa mengilangkan noda bekas penutup mobil. Emang butuh kesabaran, tapi semua noda bisa hilang.

Cara membersihkan Noda Penutup Mobil dengan Minyak Kayu Putih : 

  • Cuci mobil dengan pembersih khusus mobil (buat ngilangin debu biar ga lecet2 pas lagi digosok), keringkan mobil (Kalo ngerasa mobil masih bersih ga usah dicuci juga gpp)
  • Taruh minyak kayu putih di lap yang halus, lalu gosok-gosok ke noda. Memang agak lama, tapi ilang koq.

Selamat mencoba yaa.




48 komentar

  1. Minyak kayu putih merek apa om? Heehe

    BalasHapus
  2. Merek apa aja kak.
    Aku pilih yang paling murah, karena emang perlu banyak.

    BalasHapus
  3. Terimakasih ya kak tips pengalamannya.

    BalasHapus
  4. Sama-sama kak.
    Keep on rubbing, lol.

    BalasHapus
  5. Sama dgn kasus mobilku..cb mau sy praktekin...ngelapnya pakai apa ya..kain atau kapas ??

    BalasHapus
  6. Aku pake baju tidur bekas, bahannya satin. Temen aku nyaranin, taruh di kainnya lalu usapkan ke noda. Memnag berhasik untuk noda yang tipis. Tapi untuk noda yang agak gelap/tebal, aku taruh langsung dimobilnya, baru dengan kain lembut aku gosok memutar (berasa lagi facial muka, lol).

    BalasHapus
  7. Haduh ngamalamin juga... :-(
    Agak lama juga buat ngilangin nodanya, baru pudar dah keburu sore.

    Hilang dengan sempurna kah nodanya?

    BalasHapus
  8. Sekarang sih sudah hilang sempurna. Awalnya memang, untuk noda yang tebal, masih keliatan bercaknya.

    BalasHapus
  9. mobilio saya jg sama kena luntur cover mobil, pdhl cover mobil nya lumayam mahal..sedih dehh..
    biar cover mobilnya bisa kepakai lg cara nya gmna yah??? sudah di rendam sih pk sabun trus di jemur tp masih takut buat di pasang lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya ku juga coba cuci 3-4 kali, tapi pas kena hujan mobil bernoda lagi. Trus aku coba cuci sambil aku kasih pemutih, biar cepet luntur maksudnya. Eh.. pas dipasang di mobil, ada lagi nodanya. Padahal ga kena ujan, cuma kena embun pagi aja. Akhirnya sekarang, cover mobilnya nganggur, males pake. Capek ngebersihinnya.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Masalah yang sama.. aku juga ngalamin di mobilio hikss. Setelah kamu oakein minyak kayu putuh warna mobilnya berubah ngak. Takuut ngerusak warna mobilnya :( mana rata lagi diseluruh body mobil. Sedihh :(

    BalasHapus
  12. Sampe sekarang sih warnanya tetap sama kak, putih :D

    Wow, a lot of hard work, tuh. Semangat kakak.

    BalasHapus
  13. itw klo sdh lama tdk di bersikan noda yg kelunturan cover mobil,, apkah bisa hilang,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tetep bisa kak, worth to try koq.

      Hapus
  14. Duh sama bgt. Aku juga mobil putih, dan grgr sarung mobil jd bercak2. Pakai kayu putih beneran ampuh ya? Lama bgt kah sampe bener2 bersih?

    BalasHapus
  15. Smaaa bangettt aku jg ngalamin. Pertama kali dateng lgsg d tutup pke cover mobil biar aman malah ujan kena bercak kuning2. Akhirnya seluruh body pake minyak kayu putih gosok2 sampe abis 2 botol tp Alhamdulillah bersih

    BalasHapus
  16. hilangnya memang sulit ya?
    mana banyak lagideh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak terlalu mudah kak. butuh banyak minyak kayu putih, tenaga dan kesabaran

      Hapus
  17. saya sudah mencoba tapi bener bener sulit hilangnya
    kira kira berapa lama ya untuk bodi kanan kiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bebrapa spot yang tebal nodanya, ga hilang dalam satu kali treatment. di kasus aku, perlu 3-4 x. makanya aku putuskan untuk ga pake cover mobil lagi klo hujan. capeeek, elus2 mobil mulu tiap libur kerja.

      Hapus
  18. mending jadiin motif aja sekaklian biar keren ada variasi catnya... :D

    BalasHapus
  19. sama persis kasusnya sama aq sis -_-
    besok dah dicoba :D
    thanks info nya :D

    BalasHapus
  20. Susah bgt ilangnya ini sekujur body mobilku kelunturan jd belang kayak macan😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  21. Susah bgt ilangnya ini sekujur body mobilku kelunturan jd belang kayak macan😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  22. Boleh tahu apakah mobil di carport yang beratap atau tanpa atap? Kalau carportnya beratap, apakah cipratan hujan dari kanan kiri bisa bikin noda juga?

    Saya baru rencana pakai body cover, tapi searching di toped banyak yang bilang hati-hati untuk mobil putih.

    Alasan pakai body cover karena kesel setiap abis nyalon sudah kena debu lagi.

    BalasHapus
  23. Klo carport sudah ada atap lebih aman. Mobil aku juga klo cuma kena cipratan ga timbul noda kak. Klo disiram air/hujan lebat sampe tembus ke dalam body cover, baru akan menimbulkan noda.



    BalasHapus
  24. Thank sis E anggia, barusan smpt kaget krna mobil saya juga ngalamin kaya gt , alhamdulillah hbs 2 botol minyak kayu putih dan bbrpa jam aja dah mulus lagi mobilnya tanpa noda ...

    BalasHapus
  25. Saya suda gosok sekuat tenaga, tp noda cover nya g hilang 😫😫😫...sy coba pakai bekling 😂😂....sama g bisa juga 😥😥😥

    BalasHapus
  26. Sd sy coba pkai minyak kayu putih..masi aja tetap bernoda...sy gosok sampai keringat bercucuran tp ms tetap ada...😥😥😥

    BalasHapus
  27. Saya suda gosok sekuat tenaga, tp noda cover nya g hilang 😫😫😫...sy coba pakai bekling 😂😂....sama g bisa juga 😥😥😥

    BalasHapus
  28. Hai kak @cmd Makasar, klo pake bayclin aku belum coba. Gosoknya pake minyak kayu putih, santai aja kak, kaya elus2 pasangan gitu :D. Klo nodanya tebal, minyak kayu putihnya di taruh langsung ke nodanya. Trus digosok pake kain yang lembut, aku pake kain satin.

    BalasHapus
  29. ini gara2 waktu itu..hujan saat malam hari....setelah siang saya biarkan tetap tertutup dgn cover,,,soalnya sy blm tau masalah ini sebelumnya..jd saya biarkan bgtu saja hingga kena panas matahari selama 2 hari...pas aku buka cover....mobil putih saya lgsung loreng..sy sd pakai minyak kayu putih g mau hilang :( sedih ........padahal g tebal kok luntur nya..tp hampir saru body kena semua...

    BalasHapus
  30. Sabar ya kak... I feel you :( Mobil aku juga dulu gitu, butuh beberapa hari sampe bener2 bersih. Eh... kemaren pas ujan, lupa masukin mobil kegarasi, pake penutup yang sama, kena lagi :( untung cuma dikit. Klo capek, masukin salon mobil aja kak :D

    BalasHapus
  31. sama....aduh belum coba triknya...mau coba entar sore...doakan berhasil yach....

    BalasHapus
  32. Klo mobil putih dlm keadaan kering ditutup cover dan gak kena hujan apa tetap luntur?

    BalasHapus
  33. Duh, kejadian di mobil aku kak. Hr ini kena luntur krn kmrn hujan. Pdhl kmrn" gpp. Ya Allah, sedih. Tp ntar dicoba lah kak. Makasih infonya ya kak.

    BalasHapus
  34. Waaah ngalamin yg sama nih
    I will try ...doakan semoga berhasil yaa sista ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay sista,
      Wish your car, kinclong again :)

      Hapus
  35. Smua body mobil dr atas,dpn ampe blkng kena smua..aku pakai odol ampe pegel smua tangn blm bs ilang..nnt sore mau cb pk myk ky putih mg" brhsil ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba kak,
      Aku pake minyak kayu putih yang murah (karena butuh banyak) dan berhasil.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Herbal Terbaru Dari Berkah Walatra
    http://berkah-walatra.com/walatra-gamat-emas-kapsul/

    BalasHapus

Instagram

Popular Posts

Like us on Facebook

About us